SELAMAT DATANG DI BLOG SD NEGERI KANDEMAN 01 BATANG

Kamis, 16 Februari 2012

KESALAHAN DALAM MENDIDIK ANAK


Disadur dari majalah Nuansa Februari 2012
Kolom Keluarga

REMAJA adalah masa transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa. Bagi sebagian besar orang tua, inilah masa yang bisa jadi cukup sulit, terutama dalam hal membangun komunikasi. Remaja seakan menjadi makhluk yang berbeda  sama sekali dengan si kecil.
Dalam buku “Spirit for Women”, Petrus Kwik mengatakan bahwa untuk menghindari hubungan tidak harmonis antara orang tua dan remaja, ada lima kesalahan orang tua dalam menghadapi anak remaja yang tidak semestinya dilakukan orang tua, yaitu :
T
idak Mendengarkan
Anda membiarkan dia bicara sembari Anda terus melakukan kesibukan lain. Tunjukkan bahwa kita memang mau dan ingin mendengarkan mereka.

S
ok Tahu
Anda suka memotong pembicaraan atau melanjutkan kalimatnya. Ini tentu akan menjengkelkan bagi remaja. Hentikan kebiasaan memotong pembicaraan mereka, meski kita sudah merasa tahu apa yang mereka katakan.

M
emerintah
Anda biasa mendominasi anak remaja Anda, sehingga dia berontak. Apalagi diancam atau kekerasan. Beri perintah , tetapi hilangkan kata-kata seperti harus, jangan sekali-kali, atau awas, dll. Beri mereka pilihan, beri pandangan tentang konsekuensi dari tiap tindakan mereka.

P
rotektif
Orang tua sering terlalu khawatir jika anak remaja terluka atau kenapa-napa. Tetapi, justru remaja kehilangan kesempatan untuk mencoba hal-hal baru. Latih ana remaja untuk bisa mengambil keputusan sendiri, sambil tetap dipantau.

T
ukang Kritik
Orang tua yang suka memberikan komentar miring/ kritikan, jelas bukan orang tua favorit bagi anak remaja. Maksud orang tua agar anak tidak jatuh ke gaya hidup yang salah dengan cara mengkritik. Hendaknya diimbangi dengan pujian. Bagi remaja, penghargaan orang tua sangat berharga.

Selain hal tersebut di atas, dalam hal membangun komunikasi yang sehat dengan anak remaja, ada delapan hal yang harus dihindari orang tua untuk memahami anak remajanya, yaitu :
1.      Menyalahkan
2.      Menyindir
3.      Sinis
4.      Mengungkit-ungkit
5.      Membuat Menangis
6.      Khotbah (Ceramah)
7.      Mengganggu
8.      Berlebihan

Semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin

By. Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar